Planet Venus

Posted by

Venus adalah planet terdekat kedua dari matahari dalam sistem tata surya kita. dalam metologi romawi Venus adalah salah satu dewi yang terkenal dalam sejarah dimana dewi ini sering dikaitkan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Afrodit dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani.

Planet ini adalah merupakan benda langit tercerah pada langit malam setelah Bulan, planet ini merupakan objek alami tercerah  karenanya itu planet venus juga disebut sebagai bintang fajar atau bintang senja, karena kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat setelah matahari terbenam dan atau sesaat sebelum matahari terbit.

Venus adalah planet kebumian dan kadang-kadang disebut “planet saudara” Bumi karena ukuran, gravitasi, dan komposisi yang mirip (Venus merupakan planet terdekat dari Bumi dan planet yang ukurannya paling mendekati Bumi). Namun, dalam hal lain planet ini sangat berbeda dari Bumi.

Venus dalah salah satu dari empat planet kebumian di Tata Surya, yang berarti bahwa Venus merupakan planet yang berbatu layaknya Bumi. Ukuran dan massanya mirip dengan Bumi, sehingga planet ini sering dijuluki sebagai “saudara” atau “kembaran” Bumi.


Salah satu misteri yang menyelimuti pengamatan planet Venus adalah cahaya kelabu, yaitu cahaya yang tampak redup di bagian gelap planet saat memasuki fase sabit. Pengamatan pertama cahaya kelabu dilakukan pada tahun 1643, namun keberadaan cahaya tersebut belum pernah dikonfirmasi secara pasti. 

Para pengamat saat ini berspekulasi bahwa cahaya tersebut dihasilkan oleh aktivitas elektrik di atmosfer Venus, namun cahaya tersebut mungkin merupakan ilusi yang disebabkan oleh efek psikologis saat mengamati objek yang terang dan berbentuk sabit.


Blog, Updated at: 11:25 PM

0 comments:

Post a Comment