Planet Kembaran Bumi Ditemukan

Posted by

“ST LOUIS, SELASA - Sebuah planet asing yang baru ditemukan di luar tata surya kita (planet ekstrasolar), memiliki massa tiga kali lebih besar dari Bumi.

Planet tersebut mungkin memecahkan rekor sebagai planet asing terkecil saat ini. 

Para astronom berhasil mendeteksi dengan teknik lensa gravitasi yang memanfaatkan penguatan dari cahaya bintang di seberangnya. 

Obyek langit yang mirip dengan Bumi atau disebut super - Earth ini berada pada jarak 3.000 tahun cahaya dari Bumi (satu tahun cahaya sama dengan 9,46 triliun kilometer).” Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan temuan baru yang dihasilkan satelit Kepler, Kamis 26 Agustus 2010.

Kepler menemukan kelompok planet alien, planet-planet yang tak pernah dilihat sebelumnya itu mengelilingi sebuah bintang , seperti planet dalam tata surya yang mengelilingi Matahari. Temuan itu dinamakan sistem Kepler 9.

Sebelumnya juga ditemukan sebuah planet kerdil yang bermassa 18 kali lebih kecil ketimbang Bumi ditemukan mengorbit matahari dalam orbit unik di pinggiran tata surya. Sistem tata surya kita kedapatan anggota baru. RR245 ditemukan ilmuwan mengorbit matahari dari jarak jauh. Lantaran ukurannya yang kecil, batuan langit itu dikategorikan sebagai planet kerdil, serupa Pluto.


Blog, Updated at: 9:47 AM

0 comments:

Post a Comment